Rabu, 08 Maret 2023

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN-MODUL 2.2

“PEMBELAJARAN SOSIAL DAN  EMOSIONAL/KSE”

 

Oleh :

Dyah Yuliana, S.Pi

Calon Guru Penggerak Angkatan 7

SMKN 1 Glagah

 

 

Jurnal  refleksi yang saya gunakan adalah Model 4: (Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard).

Dalam refleksi ini tidak saya buat gambar hari  ini, tapi rangkaian satu kegiatan saya dalam satu minggu ini, yang membuat saya harus bisa menerapkan 5 KSE (kompetensi spiritual emosianal) , sehingga saya sebagai seorang pendidik bisa menyelesaikan semuanya dengan baik. Penerapan 5 KSE dalam kegiatan saya adalah kesadaran diri, pengelolaan diri/menejemn diri, kesadaran social, ketrampilan social dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Berikut saya sajikan jurnal refleksi dwimigguan modul 2.2 dalam Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard.

 

Buatlah 4 gambar bersambung yang mengilustrasikan refleksi Anda tentang hari ini dan berilah penjelasan singkat setiap gambar


Kegiatan sehari hari saya sebagai seorang pendidik di SMKN 1 Glagah, program keahlian Agribisnis Perikanan. Sebagai seorang pendidik. Implementasi KSE pengelolaan diri murid, dalam keseharian saya adalah bagaimana memberikan pengarahan pada murid agar mereka bisa mematuhi peraturan dalam berseragam dan juga potongan rambut sesuai aturan. . Dan untuk ketrampilan social/relasi adalah bagaimana mereka bisa melaksanakan piket kelas dengan anak anak lain dikelasnya, mereka juga melaksanakan kerja kelompok dalam mengerjakan tugas. Relasi disini saya terapkan juga antara senior dan junior. Dalam pelaksanaan piket di laboratorium jadwal piket di buat secara acak, dengan anggota siswa kelas X, XI dan XII.






Selain sebagai pengajar, saya ditugaskan mengikuti Kegiatan Lokakarya Umpan Balik Capaian Pembelajaran SMK,  23 – 25 Februari 2023 – Di Hotel Horison Grand Serpong Jalan  MH.  Thamrin No. Km 2,7 Tangerang  Banten Jakarta.

Dalam kegiatan ini saya ketemu dengan bapak ibu guru hebat dari sekuruh Indonesia, saya juga ketemu dengan fasilitator dari Puskurjar dan Dit PSMK Jakarta. Saya berkolaborasi dengan bapak ibu guru di Program keahlian Agribisnis Perikanan konsentrasi keahlian Agribisnis Perikanan air tawar, Agribisnis perikanan air tawar, Agribisnis Perikanan Ikan Hias dan Agribisnis Perikanan Rumput Laut. Ketrampilan relasi sagat berguna dalam hal ini, saya yang baru ketemu dengan bapak ibu guru langsung bisa kenal dan bisa kerjasama dalam penyelesaian tugas. Kemudian keputusan yang bertanggung jawab juga saya terapkan saat memberikan umpan balik terhadap CP yang lagi dalam pembahasan.


Tugas lainnya  di sekolahan, saya terlibat dalam kegiatan UKK kelas XII. Secara bersamaan dengan jadwal mengajar saya di kelas XI AP1, saya juga ditugaskan  sebagai penguji internal  UKK untuk kelas XII AP (Agribisnis Perikanan). Hal ini akirnya kemampuan saya untuk memenejemn diri saya terapkan, malam harinya tugas untuk kelas XI AP1 sudah saya jadwalkan  dengan menggunakan Classroom. Pagi harinya sebelum menguji saya sempatkan untuk menuju kelas XI AP1 untuk mengkondisikan kelas dan mengingatkan lagi tentang materi yang saya berikan di Clasroom. Kemudian sesuai jadwal saya pindah ke ruang ujian UKK. Saat sebagai penguji UKK kemapuan saya untuk menilai hasil UKK saya terapkan pengambilan keputusan yang bertanggung jawag. Dan juga kemampuan  social juga diterapkan karena di tempat ujian juga ada penguji eksternal dari BP3 Bangring Banyuwangi.

Kalau siang sebagai seorang pendidik dan penguji ujian UKK, lain kegiatan malam harinya yaitu tanggal 1 – 2 Maret 2023 saya  harus mengikuti gmeet sebegai peserta calon guru penggerak. Dalam Gmeet kami mengikuti diskusi kelompok ruang kolaborasi modul 2.2, kempetensi spiritual  emosional.

Dalam kegiatan gmeet tersebut saya sebagai kelompok diskusi untuk SMK, dimana saya harus pinter pinter untuk membagi waktu saat pengerjaan ppt untuk bahan diskusi malam, di sela sela istirahat siang saya selesaikan pptnya karena diskusi malam harinya belum selesai. Alhamdulillah saat malam hari ppt sudah finis dan saya sebagai moderator.

 

Demikian jurnal refleksi dwimingguan saya. Terima kasih

Salam guru penggerak

Jadikan guru Tergerak, bergerak dan menggerakkkan

Guru bergerak Indonesia maju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN-MODUL 2.2 “PEMBELAJARAN SOSIAL DAN   EMOSIONAL/KSE”   Oleh : Dyah Yuliana, S.Pi Calon Guru Penggera...